Skip to main content

Ac.ArthurTeknik.comCara Menghitung PK AC Sesuai Kebutuhan Ruangan | Kami akan membantu Anda memahami dan menghitung PK AC yang sesuai dengan kebutuhan ruangan Anda. Memilih AC yang tepat dengan daya yang sesuai sangat penting untuk menciptakan lingkungan yang nyaman dan menyegarkan, terutama di iklim tropis seperti Indonesia.

Mengapa Menghitung PK AC Penting?

Rear view of adult man that is indoors controlling smart home technology

Sebelum kita membahas cara menghitung PK AC yang sesuai untuk ruangan Anda, mari kita pahami mengapa hal ini begitu penting. Menggunakan AC yang memiliki daya terlalu kecil dapat menyebabkan ruangan menjadi tidak cukup dingin dan tidak efisien dalam menyejukkan udara. Sebaliknya, menggunakan AC dengan daya terlalu besar dapat menyebabkan siklus berulang yang cepat, mengakibatkan pemakaian listrik yang lebih tinggi dan lebih mahal.

Dengan menghitung PK AC yang tepat, Anda akan mendapatkan keseimbangan yang sempurna antara kenyamanan dan efisiensi energi, sehingga tidak hanya membuat ruangan menjadi nyaman tetapi juga menghemat biaya listrik.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penghitungan PK AC

Photo air conditioning for refreshing cool air in the room

Sebelum kita mulai menghitung PK AC, penting untuk mempertimbangkan beberapa faktor utama yang memengaruhi kebutuhan daya keling AC:

1. Luas Ruangan

Luas ruangan adalah faktor utama yang harus diperhatikan saat menghitung PK AC. Semakin besar ruangan, semakin tinggi daya keling yang dibutuhkan untuk mendinginkannya secara efektif.

2. Letak Ruangan dan Paparan Matahari

Letak ruangan juga mempengaruhi kebutuhan PK AC. Jika ruangan terletak di lantai atas dan terpapar sinar matahari secara langsung, maka daya yang diperlukan akan lebih tinggi. Sebaliknya, ruangan yang berada di lantai bawah dan teduh dari sinar matahari mungkin memerlukan daya yang lebih rendah.

3. Tingkat Isolasi dan Ventilasi

Tingkat isolasi dan ventilasi ruangan dapat memengaruhi berapa banyak energi yang hilang atau masuk ke dalam ruangan. Ruangan yang baik terisolasi akan lebih mudah untuk dingingkan, sehingga memerlukan daya AC yang lebih rendah.

4. Jumlah Orang di Ruangan

Jumlah orang yang biasanya berada di dalam ruangan juga berperan dalam menghitung PK AC. Ruangan yang sering ditempati banyak orang memerlukan daya yang lebih tinggi karena panas tubuh mereka.

5. Peralatan Listrik

Peralatan listrik seperti komputer, televisi, dan lampu juga menghasilkan panas yang dapat mempengaruhi kebutuhan daya AC.

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor di atas, mari kita lanjutkan untuk menghitung PK AC yang sesuai untuk ruangan Anda.

Langkah-langkah Menghitung PK AC

Free photo close up and selective focus hand of woman holding and use remote control to open aircondition in living room at home

Langkah 1: Ukur Luas Ruangan

Ukur panjang dan lebar ruangan Anda dengan meteran. Kalikan kedua angka tersebut untuk mendapatkan luas ruangan dalam meter persegi (m²).

Langkah 2: Tentukan Faktor Pengali

Setiap ruangan memiliki faktor pengali yang berbeda tergantung pada kondisi lingkungannya:

  • Ruangan biasa tanpa paparan sinar matahari langsung: Gunakan faktor pengali 1.
  • Ruangan terpapar sinar matahari langsung: Gunakan faktor pengali 1.5.

Langkah 3: Hitung Luas Efektif

Kali ini, kalikan luas ruangan (m²) dengan faktor pengali yang telah ditentukan pada langkah sebelumnya.

Langkah 4: Hitung Jumlah Orang di Ruangan

Tentukan berapa banyak orang yang biasanya berada di dalam ruangan. Setiap orang memerlukan tambahan daya sekitar 100-150 PK.

Langkah 5: Hitung PK Total

Tambahkan PK untuk mendinginkan ruangan (hasil dari Langkah 3) dengan PK tambahan untuk orang di ruangan (hasil dari Langkah 4). Ini akan memberikan total daya keling AC yang Anda butuhkan.

Contoh Perhitungan

Free photo woman turning on an air conditioner using a tablet

Mari kita lihat contoh perhitungan untuk lebih memahami cara menghitung PK AC:

Misalnya, Anda memiliki ruangan dengan luas 4m x 5m = 20 m². Ruangan ini tidak terpapar sinar matahari langsung, jadi kita menggunakan faktor pengali 1.

Luas Efektif = 20 m² x 1 = 20 m²

Anda juga memiliki 3 orang yang sering berada di dalam ruangan.

PK Tambahan untuk Orang = 3 orang x 150 PK (asumsi 150 PK per orang) = 450 PK

PK Total = Luas Efektif + PK Tambahan untuk Orang = 20 m² + 450 PK = 470 PK

Jadi, Anda membutuhkan AC dengan daya keling sekitar 470 PK untuk ruangan tersebut.

Menghitung PK AC sesuai kebutuhan ruangan adalah langkah penting untuk menciptakan lingkungan yang nyaman dan efisien secara energi. Dengan mempertimbangkan luas ruangan, letak, isolasi, ventilasi, jumlah orang, dan peralatan listrik di ruangan, Anda dapat menentukan daya keling AC yang tepat. Jika anda memerlukan ac, jasa pasang ac ataupun service ac rutin maka anda bisa menghubungi Arthur Teknik.

Arthur Teknik adalah dealer ac daikin & gree yang sudah banyak menjual ac untuk perorangan maupun perusahaan, jika anda berminat untuk membeli ac dari kami ataupun ingin menggunakan jasa service ac dari kami maka anda bisa menghubungi kami melalui Whatsapp.

 

WeCreativez WhatsApp Support
Tim kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!
? Hai, Ada yang bisa di bantu ?