Skip to main content

Ac.Arthurteknik.comCara Menghitung Kebutuhan AC Split | AC Split adalah salah satu perangkat pendingin udara yang paling populer digunakan di rumah, kantor, dan berbagai tempat lainnya. Bagi banyak orang, terutama di daerah tropis seperti Indonesia, AC Split adalah solusi utama untuk menghadapi suhu panas yang tak terelakkan.

Namun, seringkali konsumen kesulitan dalam memilih AC Split yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Terkadang, mereka membeli AC dengan daya yang terlalu besar, yang berarti boros energi. Di lain waktu, mereka membeli AC dengan daya terlalu rendah, yang tidak mampu mengatasi panas dengan efektif. Oleh karena itu, dalam panduan ini, kami akan membantu Anda menghitung kebutuhan AC Split secara tepat, sehingga Anda bisa mendapatkan kenyamanan maksimal dengan pengeluaran energi yang efisien.

Ukuran Ruangan dan Kapasitas AC

Free photo view of living room

Langkah pertama dalam menghitung kebutuhan AC Split adalah menentukan ukuran ruangan yang akan didinginkan. Ukuran ruangan diukur dalam meter persegi (m²). Untuk menghitungnya, Anda perlu mengukur panjang dan lebar ruangan, lalu kalikan keduanya.

Contoh: Jika ruangan memiliki panjang 6 meter dan lebar 5 meter, maka luasnya adalah 6 m x 5 m = 30 m².

Setelah mengetahui ukuran ruangan, langkah selanjutnya adalah mencocokkan kapasitas AC dengan ukuran tersebut. Kapasitas AC diukur dalam British Thermal Units (BTU) per jam atau dalam satuan ton.

Rumus Umum:

  • 1 m² = 500 BTU/jam
  • 1 ton = 12.000 BTU/jam

Contoh: Jika luas ruangan adalah 30 m², maka kebutuhan BTU per jamnya adalah: 30 m² x 500 BTU/jam = 15.000 BTU/jam atau setara dengan 1,25 ton.

Jumlah Orang dan Sumber Panas

Young woman using home technology

Selain ukuran ruangan, faktor lain yang perlu dipertimbangkan dalam menghitung kebutuhan AC Split adalah jumlah orang yang akan berada di dalam ruangan dan sumber panas lainnya, seperti peralatan elektronik dan pencahayaan.

Setiap orang mengeluarkan panas tubuh yang dapat mempengaruhi suhu ruangan. Oleh karena itu, kami sarankan untuk menambahkan 600 BTU/jam untuk setiap orang di atas 2 orang yang berada dalam ruangan.

Contoh: Jika ada 4 orang yang berada dalam ruangan, maka jumlah BTU tambahan yang dibutuhkan adalah: (4 orang – 2 orang) x 600 BTU/jam = 1.200 BTU/jam.

Selain itu, Anda juga perlu menambahkan BTU untuk mengatasi sumber panas lainnya, seperti peralatan elektronik dan pencahayaan. Tambahkan 1.000 BTU/jam untuk setiap peralatan elektronik yang aktif dan 600 BTU/jam untuk setiap lampu yang digunakan.

Contoh: Jika ada 1 televisi (1.000 BTU/jam) dan 3 lampu (3 x 600 BTU/jam) yang aktif dalam ruangan, maka total BTU tambahan adalah: 1.000 BTU/jam + (3 lampu x 600 BTU/jam) = 3.800 BTU/jam.

Orientasi Ruangan dan Iklim

Free photo 3d contemporary empty room

Faktor selanjutnya yang memengaruhi kebutuhan AC Split adalah orientasi ruangan dan iklim di daerah tempat Anda tinggal.

Jika ruangan berada di sisi selatan atau terkena sinar matahari langsung, maka Anda perlu menambahkan 10% dari total kebutuhan BTU yang telah dihitung sebelumnya. Sebaliknya, jika ruangan berada di sisi utara, Anda dapat mengurangi 10% dari total kebutuhan BTU.

Selain itu, iklim juga memainkan peran penting. Di daerah dengan suhu yang lebih tinggi, Anda mungkin perlu menambahkan 20% dari total kebutuhan BTU. Di sisi lain, di daerah dengan suhu lebih rendah, Anda bisa mengurangi 20% dari total kebutuhan BTU.

Keunggulan AC Inverter

Photo air conditioner

AC Split tersedia dalam dua jenis utama: AC konvensional dan AC Inverter. AC Inverter memiliki keunggulan dalam hal efisiensi energi karena mampu mengatur kecepatan kompresor sesuai kebutuhan, sehingga menghemat daya.

Dalam menghitung kebutuhan AC Split dengan teknologi inverter, Anda dapat mengurangi kapasitas BTU yang telah dihitung sebelumnya sekitar 20%. Ini karena AC Inverter mampu bekerja lebih efisien dengan daya yang lebih rendah.

Kesimpulan

Dengan mengikuti panduan ini, Anda sekarang memiliki cara menghitung kebutuhan AC Split secara akurat. Ingatlah langkah-langkah berikut:

  1. Ukur ukuran ruangan (panjang x lebar) dan hitung luasnya dalam meter persegi (m²).
  2. Tentukan kapasitas BTU per jam berdasarkan ukuran ruangan.
  3. Tambahkan BTU tambahan untuk jumlah orang dan sumber panas lainnya.
  4. Sesuaikan dengan orientasi ruangan dan iklim.
  5. Pertimbangkan menggunakan AC Inverter untuk efisiensi energi.

Dengan melakukan perhitungan ini, Anda dapat memilih AC Split yang tepat untuk kebutuhan Anda, menghemat energi, dan menciptakan suasana yang nyaman di dalam ruangan. Jika anda memerlukan ac, jasa pasang ac ataupun service ac rutin maka anda bisa menghubungi Arthur Teknik.

Arthur Teknik adalah dealer ac daikin & gree yang sudah banyak menjual ac untuk perorangan maupun perusahaan, jika anda berminat untuk membeli ac dari kami ataupun ingin menggunakan jasa service ac dari kami maka anda bisa menghubungi kami melalui Whatsapp.

WeCreativez WhatsApp Support
Tim kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!
? Hai, Ada yang bisa di bantu ?