Skip to main content

Ac.ArthurTeknik.comSeberapa Sering Perawatan AC Perlu Dilakukan? | Air conditioner (AC) merupakan salah satu perangkat elektronik yang sangat penting di rumah, terutama di daerah tropis seperti Indonesia. AC dapat membantu mendinginkan ruangan dan membuat udara menjadi lebih sejuk dan nyaman.

Namun, AC juga perlu dirawat secara rutin agar dapat bekerja dengan baik dan tahan lama. Salah satu perawatan AC yang penting adalah membersihkannya secara berkala.

Mengapa AC perlu dibersihkan secara rutin?

AC yang kotor dapat menyebabkan berbagai masalah, antara lain:

  • Performa AC menurun. Debu dan kotoran yang menumpuk di filter AC dapat menghambat aliran udara dan menyebabkan AC menjadi kurang dingin.
  • AC menjadi lebih berisik. Debu dan kotoran yang menumpuk di bagian kompresor AC dapat menyebabkan AC menjadi lebih berisik.
  • AC menjadi lebih boros listrik. Debu dan kotoran yang menumpuk di bagian evaporator AC dapat menyebabkan AC bekerja lebih keras dan membutuhkan lebih banyak daya listrik.
  • AC menjadi lebih rentan rusak. Debu dan kotoran yang menumpuk di bagian evaporator AC dapat menyebabkan evaporator menjadi berkarat dan rusak.

Berapa sering AC perlu dibersihkan?

Secara umum, AC perlu dibersihkan setiap 3 bulan sekali. Namun, frekuensi pembersihan AC juga tergantung pada beberapa faktor, antara lain:

  • Frekuensi penggunaan AC. AC yang digunakan setiap hari atau setiap malam perlu dibersihkan lebih sering, yaitu setiap 2-4 minggu sekali.
  • Kondisi lingkungan. AC yang berada di daerah dengan polusi udara tinggi perlu dibersihkan lebih sering.
  • Cara penggunaan AC. AC yang digunakan dengan cara yang salah, misalnya dengan menyalakan AC pada suhu yang terlalu rendah, juga dapat menyebabkan AC menjadi lebih cepat kotor.

Perawatan AC yang perlu dilakukan

Perawatan AC yang perlu dilakukan secara rutin meliputi:

  • Membersihkan filter udara. Filter udara merupakan bagian yang paling penting dari AC karena berfungsi untuk menyaring debu dan kotoran dari udara luar. Filter udara yang kotor dapat menyebabkan AC menjadi kurang dingin dan lebih boros listrik.
  • Membersihkan evaporator. Evaporator merupakan bagian AC yang berfungsi untuk mendinginkan udara. Evaporator yang kotor dapat menyebabkan AC menjadi lebih berisik dan lebih boros listrik.
  • Mengganti Freon. Freon merupakan cairan yang berfungsi untuk mendinginkan udara di dalam AC. Freon yang habis atau berkurang dapat menyebabkan AC menjadi kurang dingin.

Tips merawat AC

Berikut adalah beberapa tips merawat AC agar dapat bekerja dengan baik dan tahan lama:

  • Matikan AC sebelum tidur. Matikan AC sebelum tidur dapat membantu menghemat listrik dan mencegah AC menjadi terlalu dingin.
  • Lakukan pembersihan rutin. Lakukan pembersihan rutin pada filter udara dan evaporator AC setiap 2-4 minggu sekali.
  • Lakukan service AC secara berkala. Lakukan service AC secara berkala setiap 6-12 bulan sekali.

Dengan melakukan perawatan AC secara rutin, Anda dapat menjaga performa AC dan membuatnya tahan lama. Jika anda memerlukan ac, jasa pasang ac ataupun service ac rutin maka anda bisa menghubungi Arthur Teknik.

Arthur Teknik adalah dealer ac daikin & gree yang sudah banyak menjual ac untuk perorangan maupun perusahaan, jika anda berminat untuk membeli ac dari kami ataupun ingin menggunakan jasa service ac dari kami maka anda bisa menghubungi kami melalui Whatsapp.

WeCreativez WhatsApp Support
Tim kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!
? Hai, Ada yang bisa di bantu ?